In House Training tentang “PKB – PKG Tahun Pelajaran 2016/2017

In House Training tentang “PKB – PKG Tahun Pelajaran 2016/2017

Cirebon-8/10/2016. Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu ditingkatkan dan dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Selain itu, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan penilaian kinerja guru yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan.

Untuk itu dalam rangka melaksanakan penilaian kinerja guru tahun 2016, SMK Negeri 1 Cirebon melaksanakan IHT ”PKB-PKG”. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang multimedia SMK Negeri 1 Cirebon pada tanggal 8 Oktober 2016 yang diikuti oleh seluruh guru PNS SMK N 1 Cirebon.  Pada kegiatan ini yang menjadi pembicara adalah Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Kota Cirebon yaitu Bapak Drs. H. Uun Jujun Efendi, M.Pd, dan Drs. Suhasono, M.Pd (selaku tim penilai angka kredit Kota cirebon).

Kegiatan tersebut dibuka oleh bapak kepala SMK Negeri 1 Cirebon, Drs. A. Hendi Suhendi, M.Pd. pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan “Hasil penilaian kinerja guru merupakan dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir guru sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jika semua ini dapat dilaksanakan dengan baik dan obyektif, maka cita-cita pemerintah untuk menghasilkan ”insan yang cerdas komprehensif dan berdaya saing tinggi” lebih cepat direalisasikan. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa SMK N 1 Cirebon menjadi salah satu sekolah dari 90 sekolah SMK se-Indonesia yang ditunjuk oleh Kementrian pendidikan dan kebudayaan untuk melaksanakan Inpres No 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia”.

Pada kegiatan tersebut guru SMK N 1 Cirebon antusias mendengarkan paparan dari narasumber, terutama tentang cara perhitungan penilaian kinerja guru menjadi angka kredit. Sebagai acuan bagi para guru untuk mencapai nilai yang akan di dapat dalam satu tahun pelajaran.