Kegiatan Visitasi Akreditasi Jurusan Teknik Pendingin & Tata Udara, Teknik Pemesinan dan Teknik Komputer & Jaringan

Kegiatan Visitasi Akreditasi Jurusan Teknik Pendingin & Tata Udara, Teknik Pemesinan dan Teknik Komputer & Jaringan

Akreditasi  SMK Negeri 1 Cirebon untuk Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Komputer dan Jaringan serta Teknik Pemesinan oleh tim Assesor BAN (Badan Akrditasi Nasional )telah berlangsung pada hari senin s.d sabtu, tanggal 5 September 2016 s.d 10 September 2016 , kemarin .  Semoga  SMK Negeri  1 Cirebon dalam mempertahankan Akreditasi “A” yang telah didapat sebelumnya . Amiin….

Akreditasi merupakan kegiatan Penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Akreditasi sekolah bertujuan untuk menentukan tingkayt kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan memperoleh gambaran tentang kinetja sekolah dengan dasar hukum akreditasi sekolah utama adalah : Undang-undang No.02 Tahun 2003 pasal 60 , Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Pasal 86 dan 87 dan Surat Keputusan Mendiknas Np.87/U/2002.

Kedatangan tim assesor disambut baik oleh Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah dan dewan guru. Adapun nama-nama tim asesor yang bertugas melaksanakan visitasi akreditasi adalah :

Untuk Jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara :

  1. Budhi Laksono, M.MPd.
  2. Ise Suryadi , M.Pd.

Untuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan :

  1. Diah Kusumami, M.MPd.
  2. Bambang Yuniarto, M.Pd.

Untuk Jurusan Pemesinan :

  1. Danang Setiawan , M.Pd.
  2. H. Agus Sukmajaya, M.Kes

Setelah acara Pembukaan (opening) dilanjutkan dengan memeriksa seluruh bukti fisik perangkat akreditasi yang memenuhi 185 butir instrumen sebagaimana peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 tahun 2009 tanggal 4 maret 2009.

Komponan sesuai dengan standar nasional pendidikan :standart isi, standart proses, dan standar tenaga pendidikan , standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian.

Kegiatan visitasi dilakukan melalui observasi lapangan, observasi kelas, dan wawancara dengan warga sekolah/madrasah dalam rangka klarifikasi, verivikasi, serta validasi terhadap data dan informasi yang diberikan oleh sekolah/madrasah melalui instrumen akreditasi sekolah.

Pelaksanaan kegiatan visitasi dan observasi seperti kunjungan kelas bengkel program keahlian, Perpustakaan, OSIS, Program BKK, Biro Konseling (BK), Unit Produksi (UP), dan lingkungan sekitar sekolah.

Penutupan Akreditasi dilaksanakan di masing-masing kegiatan dengan memberikan gambaran umum terhadap kegiatan akreditasi yang telah berlangsung. Tentunya sekecil apapun koreksi diharapkan menjadi usulan dalam peningkatan mutu dan pelayanan pendidikan yang akan datang khususnya di SMK Negeri 1 Cirebon.